Tetaplah Kuat! Ini 7 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Mengatasi Depresi

0
(0)

1. Jangan biarkan dirimu sendirian

Orang yang memiliki depresi sering ‘tersesat’ dalam pikiran dan kekhawatiran mereka sendiri. Oleh karena itu, kamu harus tetap terhubung dengan orang-orang di sekitarmu. Mengatasi depresi akan lebih mudah jika kita mendapatkan dukungan dari orang-orang yang sayang dan peduli kepadamu, ungkap laman Help Guide.

Sementara, jika kamu sendirian, akan sulit untuk mempertahankan akal sehat dan menjauhkan pikiran negatif. Kebanyakan orang yang mengalami depresi akan menarik diri dari lingkungan sosial, sehingga menyulitkan orang lain yang ingin membantunya. Temukan orang yang bisa dipercaya untuk membantumu keluar dari depresi!

2. Menekuni hobi yang disukai

Kecenderungan orang yang mengalami depresi adalah menarik diri dari pergaulan dan aktivitas yang dulu disenangi. Hobi yang dulu disukai, kini ditinggalkan karena sudah kehilangan minat. Padahal, menekuni hobi bisa membantumu keluar dari depresi. Atau setidaknya, mengalihkan pikiran negatif untuk sejenak.

Kembalilah menekuni hobi lama untuk mengatasi depresi. Ekspresikan dirimu secara kreatif lewat musik, seni, tulisan, olahraga atau apa pun yang kamu sukai. Akan lebih baik jika kamu bergabung dalam komunitas hobi, sebab kamu bisa bertemu banyak orang dan mendapatkan energi positif dan kehangatan dari mereka.

3. Makan, minum dan tidur yang cukup

Depresi acapkali membuat kita abai dengan kondisi kesehatan kita sendiri. Tidur jadi tidak teratur, kurang minum air dan makan secara berlebihan atau justru malas makan. Hal ini tidak hanya buruk bagi fisik, tetapi juga memperparah kondisi psikologismu. Menurut penelitian, sepertiga pasien depresi mengalami gejala insomnia.

Selain itu, penelitian lain menunjukkan keterkaitan antara depresi dan gangguan makan. Tak jarang, penderita depresi juga mengalami dehidrasi akibat kekurangan cairan. Coba untuk kembali peduli pada tubuhmu dengan memberinya tidur yang cukup, makan yang sehat dan rutin minum air dengan jumlah yang disarankan setiap harinya.

4. Berolahraga untuk membuat suasana hati lebih baik

Depresi membuat seseorang kehilangan minat untuk beraktivitas fisik. Kadang-kadang, kita lebih memilih berbaring di kasur seharian dan bergelut dengan pikiran-pikiran negatif. Memang sulit, tapi lebih disarankan untuk beranjak dari kasur dan mulai berolahraga. Olahraga menciptakan endorfin yang bisa membuat mood kita membaik.

Tidak perlu menetapkan target harus berlari sepanjang 10 kilometer atau berenang selama tiga jam. Lakukan olahraga sesuai kemampuanmu dan jangan memaksakan diri. Pilih olahraga yang kamu suka, entah berjalan kaki, jogging, bersepeda, berenang, wall climbing atau apa pun yang membuatmu merasa lebih baik.

5. Konsumsi makanan yang membuat mood membaik

Jangan ragu untuk mentraktir diri sendiri dengan makanan yang bisa membuat mood membaik. Seperti cokelat, es krim dan makanan lain yang kamu suka. Menurut penelitian yang dipublikasikan di British Journal of Clinical Pharmacology di tahun 2013, mengonsumsi cokelat bisa meningkatkan suasana hati dan membuat kita lebih tenang.

Sementara, menurut laman The Healthy, cokelat hitam akan merangsang produksi hormon endorfin, bahan kimia di otak yang bisa menciptakan perasaan senang dan gembira. Kamu juga bisa mencoba makanan yang kaya asam lemak omega 3, seperti salmon, ikan tuna, ikan herring, mackarel dan sarden, jelas laman Help Guide.

6. Singkirkan pikiran-pikiran negatif

Bagi orang yang memiliki depresi, sering kali mereka dihantui oleh berbagai pikiran negatif. Mereka kerap merasa bahwa dirinya adalah orang yang gagal, bodoh dan dibenci oleh banyak orang. Padahal, kenyataan yang terjadi tidak seperti itu. Menyingkirkan pikiran negatif memang sulit, namun bukan berarti tidak bisa dilakukan.

Orang yang sedang depresi sering fokus pada momen-momen di mana mereka merasa gagal dan tak berguna. Mungkin sulit dilakukan, tetapi lebih baik menyingkirkan pikiran pada saat-saat di mana kita berhasil atau melakukan suatu pencapaian. Mengingat memori baik akan membuat perasaanmu menjadi lebih baik.

7. Menanamkan kata-kata yang positif

Menurut Sherry Amatenstein, LCSW dalam laman Psycom, ketika seorang pasien depresi terus-menerus mengingat memori buruk atau ingatan yang menyakitkan, hal ini akan mengantarkannya pada jurang gelap yang penuh pikiran negatif. Sebelum pikiran gelap menghantui, tutup mata dan bawa diri sendiri ke momen bahagia yang pernah kita alami.

Salah satu pasiennya yang bernama Paul mencoba saran dari Sherry. Paul mengingat saat ia lulus dari perguruan tinggi, ia melihat bahwa keluarganya merasa bangga padanya. Hal ini membuatnya merasa lebih baik. Sherry menyarankan agar kita terus-menerus menghidupkan memori bahagia di masa lalu untuk membuat kita merasa lebih baik.

Nah, itulah 7 hal atau cara mengatasi depresi yang mudah untuk kamu coba lakukan. Tentu saja, kamu tetap harus ke psikolog jika memang masalah yang kamu hadapi berat sekali dan untuk mendapatkan bantuan dari tenaga profesional, ya!

Apakah artikel ini menarik menurut kamu?

Nilai arikel ini sekarang!

Nilai Rata-Rata 0 / 5. Jumlah Penilai: 0

Belum ada yang menilai, Jadilah yang pertama untuk menilai artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *