Siswi SMA di Sulut Dirundung dan Digerayangi, KPAI: Sekolah Lalai

0
(0)
source: muslim obsession, Ilustrasi Pelcehan Seksual

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mendorong Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Utara memeriksa kepala sekolah dan jajarannya, terkait kasus bullying atau perundungan yang dilakukan siswi SMA yang tengah viral.

Komisioner KPAI Bidang Pendidikan Retno Listyarti mengatakan pihak sekolah memiliki tanggung jawab melindungi anak didik mereka selama berada di sekolah, dari berbagai bentuk kekerasan.

“Perlindungan tersebut termasuk kekerasan seksual,” kata dia dalam siaran tertulis, Selasa (10/3).

1. Pihak sekolah diduga lalai dalam pengawasan di lingkungan sekolah

Siswi SMA di Sulut Dirundung dan Digerayangi, KPAI: Sekolah Lalai
(Ilustrasi tindak kekerasan terhadap perempuan) IDN Times/Sukma Shakti

Retno menjelaskan kewajiban pihak sekolah mengawasi anak didiknya diatur dalam Pasal 54 UU Nomor 35 Tahun 2014, tentang Perlindungan Anak. Selain itu, Permendikbud Nomor 82 Tahun 2015 tentang pencegahan dan penanganan kekerasan di satuan pendidikan.

2. KPAI dorong sekolah memproses kasus perundungan dan pelecehan seksual, agar pelaku jera

KPAI juga menyampaikan keprihatinan atas video viral yang menggambarkan seorang siswi mengalami pelecehan seksual yang dilakukan siswa di suatu SMK di Sulawesi Utara. Retno merasa miris karena kejadian terjadi di dalam ruang kelas, saat jam istirahat sekolah.

“KPAI mendorong sekolah memproses kasus pelecehan seksual di lingkungan sekolah, agar para pelaku memiliki efek jera dan menyadari kesalahannya,” ujar dia.

3. Korban diasesmen dan pelaku juga di psikososial

Siswi SMA di Sulut Dirundung dan Digerayangi, KPAI: Sekolah LalaiIlustrasi kekerasan pada anak (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

KPAI juga mendorong agar korban diasesmen dan pelaku dipsikososial, agar dapat dipastikan menjalani rehabilitasi psikologis jika diperlukan terapi tindak lanjut.

“KPAI sudah berkoordinasi dengan kepala dinas PPPA Sulut, untuk penanganan psikologis anak korban dan anak pelaku,” kata Retno.

4. Kasus perundungan dan pelecehan seksual siswi SMA viral

Siswi SMA di Sulut Dirundung dan Digerayangi, KPAI: Sekolah LalaiIlustrasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Kasus perundungan kembali mencoreng dunia pendidikan. Kali ini, sebuah video amatir memperlihatkan perundungan yang dilakukan pelajar SMA. Mirisnya, aksi tersebut disertai pelecehan seksual terhadap seorang siswi yang merupakan teman mereka.

Dalam video berdurasi 40 detik tersebut, terlihat seorang siswi berpakaian seragam menangis histeris. Dia terbaring di lantai dengan mulut tertutup masker. Terlihat juga tiga laki-laki dan seorang perempuan memegang tangan serta kaki siswi tersebut, dan menggerayangi tubuh sang siswi.

Apakah artikel ini menarik menurut kamu?

Nilai arikel ini sekarang!

Nilai Rata-Rata 0 / 5. Jumlah Penilai: 0

Belum ada yang menilai, Jadilah yang pertama untuk menilai artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *