Peristiwa 29 September: Jokowi-Ahok Jadi Gubernur & Wakil Gubernur Jakarta Terpilih

0
(0)

JAKARTA – Sejumlah peristiwa atau sejarah penting terjadi setiap harinya, termasuk pada tanggal 29 September. Okezone mengulas beberapa peristiwa tersebut berdasarkan Wikipedia :

1. 1954 – CERN Organisasi Riset Nuklir Disetujui

CERN (Organisation Europeene Pour La Recherche Nucleaire, atau organisasi riset nuklir adalah sebuah kompleks laboratorium percepatan partikel terbesar di dunia yang terletak di perbatasan antara Prancis dan Swis, persis di sebelah barat Jenewa.

Konvensi yang menyetujui organsisasi ini ditanda tangani pada 29 September 1954. Dari 12 anggota, pada saat ini mempunyai 21 total negara anggota. Israel adalah negara pertama dan satu – satunya negara non-Eropa yang diberikan keanggotaan penuh.

Fungsi utama CERN adalah untuk menyediakan percepatan partikel yang dibutuhkan untuk riset dan banyak eksperimen fisika energi tinggi yang telah banyak dilakukan di sini oleh kerja sama internasional untuk memanfaatkannya.

2. 1955 – Pemilu Pertama DPR RI Digelar

Pemilihan Umum (Pemilu) pertama untuk memilih anggota DPR RI digelar. Pada waktu itu, jumlah partai politik yang mengikuti kontestasi demokrasi pemilihan legislatif (pileg) tersebut sebanyak 29.

Berdasarkan hasilnya, Partai Nasional Indonesia meraih perolehan sura paling banyak. Partai itu pun mendapatkan sebanyak 57 kursi di DPR. Sedangkan, posisi kedua diduduki oleh Nahdlatul Ulama (NU) mendapatkan 45 kursi.

Selanjutnya, terdapat pula Partai Komunis Indonesia (PKI) mendapatkan 39 kursi, yang kemudian diikuti oleh Partai Syarikat Islam Indonesia dengan perolehan suara 2,89 persen.

3. 1976 – Kelahiran Pesepakbola Ukraina Andriy Shevchenko

Andriy Mykolayovych Shevchenko lahir di Dvirkivschyna, RSS Ukraina, Uni Soviet, 29 September 1976. Andriy yang juga akrab dipanggil Sheva adalah pelatih dan mantan pemain sepak bola asal Ukraina yang bermain sebagai penyerang.

Shevchenko pernah bermain untuk Dynamo Kyiv, Milan dan Chelsea. Shevchenko telah mencetak 175 gol bagi Milan dan merupakan pencetak gol kedua terbanyak dalam sejarah klub tersebut.

Ia berhasil meraih gelar juara Liga Champions UEFA bersama Milan dan beberapa gelar domestik bersama Dynamo Kiev dan Chelsea. Pada bulan Desember 2004, Shevchenko dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Eropa tahun tersebut.

Shevchenko telah memperkuat timnas Ukraina sejak tahun 1995. Ia mencatat 111 kali penampilan dan 48 gol, termasuk saat mengantarkan Ukraina ke babak perempat final Piala Dunia FIFA 2006 di Jerman. Pada 28 Juli 2012, ia menyatakan diri pensiun dari sepak bola untuk berkarier di politik.

4. 2012 – Jokowi-Ahok Ditetapkan Sebagai Gubernur Terpilih

Jokowi dan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok ditetapkan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI Jakarta sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih pada 29 September 2012.

Pada saat itu, Jokowi dan Ahok berhasil mengalahkan petahana, yakni Fauzi Bowo dan pasangannya Nachrowi Ramli dengan memperoleh suara sebanyak 42,6 persen.

source : okezone.com

Apakah artikel ini menarik menurut kamu?

Nilai arikel ini sekarang!

Nilai Rata-Rata 0 / 5. Jumlah Penilai: 0

Belum ada yang menilai, Jadilah yang pertama untuk menilai artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *