Hari Ini dalam Sejarah: Arnold Schwarzenegger Pimpin California

0
(0)

Hari ini 17 tahun lalu, tepatnya pada 7 Oktober 2003, Arnold Schwarzenegger terpilih menjadi gubernur California.

Dilansir History, setelah menjalani kampanye selama 11 minggu, Schwarzenegger terpilih dengan suara terbanyak. Dia menggantikan Gray Davis, yang sebelumnya menjadi gubernur Amerika Serikat pertama yang dipanggil kembali oleh rakyat sejak 1921.

Schwarzenegger adalah salah satu dari 135 kandidat dalam pemungutan suara, termasuk politisi karier, aktor lain dan satu orang pemeran bintang film dewasa. Lahir di Thal, Austria, pada 30 Juli 1947, Arnold Schwarzenegger mulai membangun karier saat remaja.

Dia memenangkan juara pertama dari “Mr Semesta”, kejuaraan binaraga pada usia 20. Kemudian, ia pindah ke Amerika Serikat pada 1968. Schwarzenegger juga memenangkan Kejuaraan Mr Olympia dan mengamankan reputasinya sebagai legenda binaraga. Segera setelah itu mulai muncul di film.

Schwarzenegger pertama kali menarik perhatian publik saat penampilan pemenang Golden Globe di Stay Hungry (1976) dan penampilannya dalam film dokumenter 1977 Pumping Iron.

Pada saat yang sama, dia sedang mengejar gelar BA di University of Wisconsin, dan akhirnya dia lulus pada 1979. Karier film Schwarzenegger lepas landas setelah dirinya membintangi Conan the Barbarian 1982. Pada 1983, dia menjadi warga negara AS.

Setahun berikutnya, dia membuat filmnya yang paling terkenal. Itu adalah The Terminator yang disutradarai oleh James Cameron.

Meskipun bakat aktingnya mungkin dengan tepat digambarkan terbatas, Schwarzenegger kemudian menjadi salah satu bintang film aksi yang paling dicari pada 1980-an dan awal 1990-an. Dia menikmati karier yang sangat menguntungkan. Kehidupan romantis aktor tersebut juga menarik perhatian publik Amerika.

Pada 1986, dia menikah dengan jurnalis televisi dan Maria Shriver dari Demokrat, keponakan mendiang Presiden John F. Kennedy. Dengan karier filmnya yang mulai mandek, Schwarzenegger mengumumkan pencalonannya sebagai gubernur California selama penampilan di The Tonight Show bersama Jay Leno.

Dia adalah seorang pendukung setia partai Republik yang telah lama dianggap menyimpan aspirasi politik. Pengalamannya di dunia politik hanya sebagai ketua Dewan Presiden untuk Kebugaran Fisik dan Olahraga di bawah Presiden George HW Bush.

Selama kampanye, dia menggunaan banyak sekali kalimat yang terkenal dari karier filmnya. Dia sempat dikritik atas penggunaan steroid anabolik, serta tuduhan pelecehan seksual dan rasisme.

Namun, Schwarzenegger mampu mempertaruhkan selebritasnya menjadi kemenangan dan menarik pemilih California yang lelah dengan pembicaraan tentang reformasi. Dia mengalahkan penantang terdekatnya, letnan gubernur Demokrat Cruz Bustamante, dengan lebih dari 1 juta suara.

Schwarzenegger menjalani dua masa jabatan penuh sebagai gubernur dan kembali menjalankan pekerjaannya sebagai aktor pada 2011. Selain itu dia dan Shriver bercerai pada 2011.

source : kompas.com

Apakah artikel ini menarik menurut kamu?

Nilai arikel ini sekarang!

Nilai Rata-Rata 0 / 5. Jumlah Penilai: 0

Belum ada yang menilai, Jadilah yang pertama untuk menilai artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *