Ekonomi Indonesia Waspada, Ketidakpastian Kian Tinggi Usai Trump Positif Covid-19

0
(0)

JAKARTA – Pemerintah Indonesia perlu mewaspadai perekonomian di dalam negeri. Karena saat ini kondisi perekonomian global sedang tidak stabil menyusul Presiden Amerika Serikat (AS) yang positif virus corona (covid-19) pada hari ini.

Kepala Ekonomi Bank BCA David Sumual mengatakan, kabar positifnya orang nomor satu Amerika Serikat itu cukup membuat kondisi perekonomian termasuk pasar keuangan dan saham dipenuhi ketidakpastian. Tak terkecuali juga bagi perekonomian di Indonesia.

Pada jeda siang tadi saja, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) anjlok 0,73% ke level 4.934. Sementara pada pembukaan perdagangan tadi pagi, nilai tukar Rupiah stagnan di angka Rp14.845 per USD.

“Ketidakpastiannya tinggi sekali. Siang ini Presiden Trump kena Covid-19, pasar futures financial jatuh 500 poin. Itu semua pasti ada konsekuensinya,” ujarnya dalam diskusi virtual, Jumat (2/10/2020).

Ketidakpastian semakin tinggi karena potensi Joe Biden untuk tertular bisa saja terjadi. Karena pada saat debat Presiden AS beberapa waktu lalu, baik Trump maupun Biden tidak menggunakan masker.

“Apalagi debat kedua kandidat enggak pakai masker bisa saja Biden dites kena juga jadi ini kondisi politik di AS dan pasar modal ada pengaruhnya,” jelasnya.

David berharap pemerintah segera memiliki rencana mitigasi dampak ketidakpastian ini. Tak hanya dari pandemi virus corona (covid-19) tapi juga dari pasar modal dan kondisi politik global termasuk Amerika Serikat.

“Kondisi politik Amerika dan pasar modal ada pengaruh pasti. Saham Amerika juga perlu diperhatikan,” ucapnya.

Trump dan Istri Terinfeksi Covid-19

source : okefinance

Apakah artikel ini menarik menurut kamu?

Nilai arikel ini sekarang!

Nilai Rata-Rata 0 / 5. Jumlah Penilai: 0

Belum ada yang menilai, Jadilah yang pertama untuk menilai artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *