DONGENG PUTRI TANDAMPALIK ~ SULAWESI SELATAN | DONGENG NUSANTARA | CERITA RAKYAT | DONGENG ANAK

0
(0)

Alkisah, pada zaman dahulu kala, di sebuah daerah di Provinsi Sulawesi Selatan, berdiri sebuah kerajaan yang bernama Kerajaaan Luwu. Kerajaan ini dipimpin seorang raja yang dikenal dengan nama Datu Luwu. Ia adalah raja yang adil, arif dan bijaksana, sehingga rakyatnya hidup makmur dan sentosa.

Datu Luwu memiliki seorang putri yang cantik jelita dan berperangai baik, bernama Putri Tandampalik. Berita kecantikan dan perangai menyebar ke berbagai negeri di Sulawesi Selatan.

Pada suatu hari, Raja Bone ingin menikahkan putranya dengan Putri Tandampalik. Ia pun mengutus beberapa pengawal istana ke Kerajaan Luwu untuk melamar sang Putri. Sesampainya di istana Luwu, sidang tersebut disetujui dengan ramah oleh Datu Luwu.

Mendengar lamaran yang disampaikannya, Datu Luwu terdiam keluar. Ia bingung untuk mengambil keputusan, menerima atau menolaknya, alasan dalam adat Kerajaan Luwu, seorang gadis Luwu tidak dibenarkan menikah dengan pemuda dari negara lain. Akan tetapi, jika lamaran ditolak, ia khawatir akan terjadi perang yang sangat dahsyat antara dua kerajaan, sehingga membuat rakyat menderita.

Apakah artikel ini menarik menurut kamu?

Nilai arikel ini sekarang!

Nilai Rata-Rata 0 / 5. Jumlah Penilai: 0

Belum ada yang menilai, Jadilah yang pertama untuk menilai artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *