DONGENG CINDELARAS ~ JAWA TIMUR | DONGENG NUSANTARA | DONGENG ANAK INDONESIA

0
(0)

Cerita ini bermula pada kisah keluarga Raden Putra, raja dari Kerajaan Jenggala yang memiliki sikap agak ceroboh. Raden Putra memiliki dua orang istri, yaitu satu permaisuri dan satu selir. Sang selir pun tidak terima karena hanya dianggap sebagai selir sehingga selir dari Raden Putra bekerjasama dengan tabib istana untuk menuduh permaisuri telah meracuni selir dari raja Raden Putra.

Raja Raden Putra memerintah kepada patih untuk membuat sang permaisuri tanpa mengecek terlebih dahulu atas kebenaran dari informasi tersebut. Sang permaisuri tidak meninggal akan tetapi sang permaisuri masih dalam kondisi hamil. Permaisuri tinggal di hutan bersama seekor ayam jago dan putra dari Raden Putra yang bernama Cindelaras.

Cindelaras berniat bertemu ayahnya dengan menantang ayahnya sendiri untuk melakukan adu ayam. Singkat cerita, ayam dari Cindelaras menang dan Raden Putra mengakui Cindelaras sebagai anaknya dan menceritakan kebenarannya kepada Raden Putra. Sebagai konsekuensi dari selirnya, Selir dari Raja Raden Putra dibuang ke hutan dan sang permaisuri dibawa kembali ke istana.

Apakah artikel ini menarik menurut kamu?

Nilai arikel ini sekarang!

Nilai Rata-Rata 0 / 5. Jumlah Penilai: 0

Belum ada yang menilai, Jadilah yang pertama untuk menilai artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *