Catat! Ini 4 Tahapan Pilkada Serentak 2020 di 270 Daerah

0
(0)

TANGERANG SELATAN – Pelaksanaan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020, kini memasuki tahap kampanye yang dimulai sejak 26 September 2020 kemarin.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah terlebih dahulu menetapkan pasangan calon serta mengundi nomor urut masing-masing kontestan yang akan berlaga.

“Sesuai tahapan Pilkada sebagaimana diatur dalam PKPU Nomor 5 Tahun 2020, tahapan kampanye dimulai 26 September hingga 5 Desember 2020,” terang Komisioner KPU I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi saat dikonfirmasi Okezone.

Selain itu, apa saja tahapan Pilkada ke depan? masyarakat sebagai pemilih mesti mengetahui proses yang bakal dilalui para pasangan calon. Hal demikian penting, guna meyakinkan betul siapa yang layak dipilih guna mengisi kursi kepemimpinan berikutnya.

1. Penetapan Paslon

Penetapan calon ini dilakukan pada tanggal 23 September 2020. Berikutnya dilanjutkan dengan pengundian dan pengumuman nomor urut masing-masing pasangan calon pada 24 September 2020.

2. Masa kampanye

Tahapan masa kampanye telah dimulai sejak 26 September 2020 dan akan berakhir 5 Desember 2020. Masa kampanye terdiri atas berbagai kegiatan seperti pertemuan terbatas, tatap muka dan dialog, penyebaran bahan kampanye, pemasangan alat peraga.

Selain itu ada pula debat publik atau debat terbuka, kemudian kampanye melalui media massa cetak dan elektronik, dan ditutup masa tenang serta pembersihan alat peraga pada tanggal 6 hingga 8 Desember 2020.

3. Pelaksanaan pemungutan suara 9 Desember 2020

Proses pemungutan suara akan lebih dulu diawali dengan penyampaian pemberitahuan kepada pemilih untuk mencoblos pada 30 November hingga 8 Desember 2020.

Disusul kemudian pemungutan hingga penghitungan suara di TPS pada 9 Desember 2020. Berikutnya adalah pengumuman hasil pemungutan suara di TPS yang langsung dilakukan pada 9 hingga 15 Desember 2020.

4. Penetapan calon terpilih

Penetapan calon terpilih jika prosesnya tanpa ada permohonan perselisihan hasil pemilihan. Untuk tingkat Kabupaten-Kota, maka penetapannya adalah paling lama 5 hari setelah Mahkamah Konstitusi (MK) secara resmi memberitahukan permohonan yang teregistrasi dalam Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) kepada KPU.

Sekadar informasi, total daerah yang akan melaksanakan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020 sebanyak 270 daerah dengan rincian 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota.

source : okezone.com

Apakah artikel ini menarik menurut kamu?

Nilai arikel ini sekarang!

Nilai Rata-Rata 0 / 5. Jumlah Penilai: 0

Belum ada yang menilai, Jadilah yang pertama untuk menilai artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *