Antam Bakal Keruk Lumbung Emas Bekas Freeport

0
(0)

JAKARTA – Holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Tambang akan menyerahkan Blok Wabu kepada PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) untuk dikelola. Di mana, penyerahan itu setelah Pemerintah Provinsi Papua menyerahkan Blok Wabu ke Mind Id.

Blok Wabu sendiri merupakan blok tambang emas atau kawasan yang pernah digunakan Freeport dalam dalam menambang batu emas.

Direktur Utama Holding pertambangan BUMN, PT Inalum (Persero) atau MIND ID, Orias Petrus Moedak mengatakan, Gubernur Papua telah menyurati pihaknya. Dalam isi surat itu, pemerintah daerah setempat menyerahkan Blok Wabu kepada MIND ID.

“Ada surat dari Gubernur yang menyerahkan pengelolaan ke MIND ID, tapi yang ahli emas adalah Antam, akan serahkan ke Antam tindak lanjuti,” ujar Orias dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VI, Selasa (29/9/2020).

Sementara itu, MIND ID akan terus bekerja sama dengan pemda Papua untuk mendorong pengolahan Blok Wabu. “Kami akan kerja sama dengan pemda untuk tambang di Papua, ini masih tahap awal,” kata dia.

Orias mengungkapkan, penyerahan blok emas itu kepada ANTM sesuai dengan arahan menteri BUMN Erick Thohir.

Keinginan Erick Thohir agar ANTM boleh pengolahan tambangan emas disambut baik oleh manajemen ANTM. Senior Vice President Corporate Secretary Antam Kunto Hendrapawoko mengatakan, kesempatan Antam untuk bisa mengelola Blok Wabu menjadi prospek yang baik bagi perseroan.

“Ini menjadi prospek yang baik bagi Antam sebagai bagian dari Holding Industri Pertambangan MIND ID untuk memperkuat portofolio komoditas emas Perusahaan terlebih dengan komposisi anggota MIND ID saat ini,” ujar Kunto

Dari sisi kemampuan, Antam sudah cukup mumpuni mengelola tambang emas baru. Saat ini Antam telah mengelola komoditas emas dari hulu ke hilir, mulai dari eksplorasi, penambangan yang dilakukan di tambang emas Pongkor dan Cibaliung hingga pengelolaan emas yang dilakukan melalui Pabrik Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia yang dikelola UBPP Logam Mulia.

source : okefinance.com

Apakah artikel ini menarik menurut kamu?

Nilai arikel ini sekarang!

Nilai Rata-Rata 0 / 5. Jumlah Penilai: 0

Belum ada yang menilai, Jadilah yang pertama untuk menilai artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *