6 Negara Tanpa Malam Hari di Dunia

4.2
(19)

Perubahan siang dan malam tidak bisa dipisahkan, dimana perubahan tersebut terjadi karena adanya perputaran bumi atau yang disebut rotasi bumi dan juga revolusi bumi. Proses terjadinya siang dan malam di Bumi menjelaskan dimana bumi mengelilingi matahari sebagai sumber cahaya ketika siang. Tidak bisa dipungkiri baik siang maupun malam merupakan dua hal yang dibutuhkan untuk kelangsungan hidup manusia di bumi.
Namun tahukah kamu, bahwa ada negara yang mengalami fenomena tanpa malam selama beberapa hari di tiap tahunnya. Nah berikut ini adalah daftar 6 negara tanpa malam hari di dunia.

Norwegia


Negara tanpa malam hari di dunia yang pertama adalah Norwegia. Negara ini terletak di dekat sektor Kutub Utara. Dimana Norwegia memang menjadi negara yang mengalami perubahan musim cukup ekstrem. Salah satu kota di Norwegia bernama Hammerfest yang berada paling Utara memiliki siang hari selama 24 jam saat awal Mei hingga akhir Juli.
Selain itu di beberapa kota lain di Norwegia akan mengalami fenomena yang dinamakan midnight sun. Dimana waktu tersebut sudah menunjukan tengah malam, namun tetap ada matahari yang seolah seperti terbenam namun tidak sepenuhnya. Sehingga negara tersebut dipenuhi sinar senja dan kembali terang.

Islandia

The city of Reykjavik


Islandia adalah sebuah negara yang terletak di barat laut benua Eropa. Negara ini terkenal akan pemandangannya yang indah dan juga letaknya yang sangat dekat dengan kutub utara. Dimana ketika musim panas berlangsung maka waktu siang berjalan 24 jam yang benar-benar disinari oleh matahari. Begitu pun sebaliknya, ketika musim dingin Islandia akan benar-benar gelap selama 24 jam.

Kanada


Negara yang terletak di Benua Amerika ini memiliki fenomena unik, dimana dua kota di Kanada, yakni Yukon dan Nunavut menjadi dua kota yang selalu mengalami siang hari sangat panjang selama musim panas. Masyarakat disini tidak bisa merasakan matahari terbenam atau suasana malam ketika musim panas. Matahari akan ada sepanjang hari mulai dari Juni hingga Agustus.

Alaska


Alaska merupakan salah satu negara yang masuk kedalam wilayah Amerika Serikat Alasaka juga mengalami fenomena siang sepanjang seperti negara lainnya. Salah satunya adalah kota Borrow yang mengalami siang hari 24 jam selama 90 hari. Masyarakat asli kota tersebut menggunakan alumunium foil di rumahnya untuk menggelapkan rumah dan membuat kesan malam hari sehingga mereka bisa tidur dengan tenang.

Swedia

Negara dengan bendera biru dan kuning ini merupakan negara yang terletak di Eropa Utara yang mana sangat dekat dengan kutub utara. Hal ini menyebabkan salah satu kotanya Lulea yang mengalami siang hari selama 23 jam dan hanya mengalami kota gelap selama 30 menit saat musim panas. Sehingga masyarakat akan berusaha menggelapkan rumah selama lebih dari 30 menit untuk membuat rumah terasa malam hari

Finlandia


Finlandia merupakan negara terakhir yang sulit sekali menemui malam saat musim panas. Karena negara ini berada di lingkar kutub, maka selama musim panas matahari akan bersinar 24 jam atau dikenal dengan fenomena midnight sun.
Nah, Itulah keenam deretan negara yang mengalami fenomena dimana matahari bersinar terang lebih dari 24 jam. Apakah kamu tertarik untuk melihat dan merasakannya secara langsung?

Apakah artikel ini menarik menurut kamu?

Nilai arikel ini sekarang!

Nilai Rata-Rata 4.2 / 5. Jumlah Penilai: 19

Belum ada yang menilai, Jadilah yang pertama untuk menilai artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *