5 Sikap bijak ketika di fitnah

0
(0)

Dituduh yang tidak baik atau di fitnah oleh orang lain merupakan suatu hal yang pasti membuat hati kita sakit, akan tetapi ketika kita difitnah, sebenarnya kita harus bijak dalam menghadapinya. Agar situasi tidak makin buruk dan tidak berkelanjutan nantinya,
berikiut 5 cara bijakmengahadapi fitnahan orang lain pada kita :

1.Tetap tenang dan menjaga emosi, Hal pertama yang harus kamu ingat ketika difitnah orang lain adalah untuk tetap tenang dan jangan terbawa
emosi dahulu. Jangan sampai kamu lepas kendali dan melakukan hal-hal yang tidak seharusnya, yang mungkin ujung-ujungnya hanya merugikan dirimu sendiri.
oleh karena itu, kamu harus berusaha untuk tetap tenang dan tidak terpancing dengan fitnahan yang ditujukan padamu.

2.Buktikan bahwa anda tidak bersalah, Kumpulkan bukti-bukti yang menunjukkan bahwa kamu tidak bersalah daripada membalas orang tersebut

3. Jangan merasa takut dan terintimidasi bila lingkungan tidak mendukung, Kadangkala orang-orang disekitarmu ada yang langsung terpengaruh
dengan omongan dari orang yang memfitnahmu. Bisa-bisa tanpa bukti yang jelas orang-orang di sekitarmu malah menjauhimu dan memandang buruk dirimu.
Nah, ketika hal itu terjadi, tak jarang orang yang mengalaminya menjadi takut dan merasa terintimidasi dengan lingkungan yang tidak mempercayainya.
jika semua itu terjadi, maka tetaplah tenang dan fokus kumpulkan bukti-bukti bahwa anda tidak seperti yang orang lain katakan.

4. Ajak berdialog , tanyakan secara langsung kepada orang yang mengfitnah anda dan tanyakan apa maksud dari fitnahan yang ditujukan padamu.
Tapi, ingat untuk tenang dan menjaga emosimu mendengar apapun jawabannya. Usahakan untuk selalu mendengar dan menyelesaikan permasalahanmu dengan orang tersebut secara baik-baik ya.

5. Jangan balas perbuatan buruk tersebut, Yang terakhir, usahakan agar kamu biaa terbebas dari rasa marah, benci atau bahkan dendam terhadap orang yang memfitnahmu.
Tidak mudah memang dan perlu waktu, tapi setidaknya hal paling penting yang harus kamu ingat adalah jangan pernah mencoba membalaskan dendammu pada orang tersebut.

Sebab, jika kamu melakukannya apa bedanya kamu dengan orang yang memfitnahmu? Jadi, coba untuk membalas kejahatan dengan kebaikan misalnya menasihati orang tersebut
untuk tidak melakukan perbuatannya baik kepada dirimu maupun orang lain. Biarlah, apapun fitnah kejam yang diucapkannya menjadi urusannya dengan Yang Maha Kuasa.
Yang penting kamu sudah bersikap bijak menghadapi fitnah tersebut.

Apakah artikel ini menarik menurut kamu?

Nilai arikel ini sekarang!

Nilai Rata-Rata 0 / 5. Jumlah Penilai: 0

Belum ada yang menilai, Jadilah yang pertama untuk menilai artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *